Bukan Akhir Segalanya

Pernah kan ya (pasti pernah),
Kita merasa berada di titik paling lemah sebagai seorang manusia… Merasa beban hidup terlalu berat, merasa ga berdaya, merasa hidup ga adil.. Tuhan ga sayang…hidup sudah hancurlah… dll…dll… Tapi buktinya, look at you now…KITA MASIH HIDUP…

Banyak sudah kata kata mutiara, petuah petuah, yang mengajarkan ketegaran hidup,
Ada yg bilang, katanya, tidak ada masalah yang besar kalau tidak sampai membunuhmu…
Atau ada yg kasih tau juga, hey jangan kuatir, bukan cuma kamu yg punya masalah…
Itulah beberapa contoh yang menguatkan..

Kita, siapapun kita, pasti pernah merasakan fase kehidupan yang menurut perkiraan kita adalah yang terkelam, tergalau, tergetir, terdalam, dan banyak lagi istilah lainnya. Cara kita menyikapi fase itu ketika terjadi, maka akan menentukan langkah kehidupan kita selanjutnya. Apakah kita akan lolos sebagai manusia yang lebih matang, ikhlas dan bersyukur? Atau apakah kita akan terus hidup dalam rasa benci, dendam dan amarah?

Sedih boleh, kecewa wajar saja, dan menangislah bila perlu. Jangan lupa siapkan tissu untuk memperlancar momen menangis kita. Karena kalau beleleran air mata saat menangis (seperti di sinetron), itu tidak enak sekali rasanya. Namanya juga manusia, punya harapan, punya mimpi yang indah, punya perasaan. Bukan robot kan? 🙂 Yang tidak baik adalah berlarut larut dan berlebihan.

Note ini sebagai pengingat saja sih, buat saya terutama, karena sesungguhnya, sebenarnya, dan sedalam dalamnya, semua jawaban atas setiap masalah di dunia, sudah dikasih sama Allah.. Jawaban-jawaban saat kita galau… Saat kita mempertanyakan keadilan Tuhan…

Ini saya copy paste dr salah satu blog yang referensinya dari kaskus, lumayan lengkap, dan lumayan menyiram kegersangan hati..


Jawaban atas pertanyaan manusia ketika diuji

Manusia Bertanya: “Kenapa aku diuji?”
Al-Quran Menjawab: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami Telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” (Al-Quran Surat Al-Ankabuut Ayat 2)

“Dan Sesungguhnya kami Telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Al-Quran Surat Al-Ankabuut Ayat 3)

Manusia Bertanya: “Kenapa aku tidak diuji saja dengan hal-hal yang baik?”
Al-Quran Menjawab: “…boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 216)

Manusia Bertanya: “Kenapa aku diberi ujian seberat ini?”
Al-Quran Menjawab: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”(Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 286)

Manusia Bertanya: “Bolehkah aku frustrasi?”
Al-Quran Menjawab: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Al-Quran Surat Ali Imraan Ayat 139)

Manusia Bertanya: “Bolehkah aku berputus asa?”
Al-Quran Menjawab: “…dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Al-Quran Surat Yusuf Ayat 87)

Manusia Bertanya: “Bagaimana cara menghadapi ujian hidup ini?”
Al-Quran Menjawab: “Hai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (Al-Quran Surat Ali Imraan Ayat 200)

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 45)

Manusia Bertanya: “Bagaimana menguatkan hatiku?”

Al-Quran Menjawab: “…Cukuplah Allah bagiKu; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya Aku bertawakkal…” (Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 129)

Manusia Bertanya: “Apa yang kudapat dari semua ujian ini?”
Al-Quran Menjawab: “Sesungguhnya Allah Telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka…” (Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 111)

Sumber referensi: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4862626

http://mqiiu.wordpress.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s