Sms Mas Gun

Pagi hari ini, lagi lagi saya mendapatkan sebuah sms, yang isinya:
“Sugeng sonten mbk..dinten niki kulo libur nggih mbk.nuwun”
Dengan kemampuan bahasa jawa yang pas pas an, saya bisa menebak kalau maksud dr sms tersebut adalah libur. Siapa pengirimnya? Tukang sayur saya..
Dengan sukarela dia mengirim sms yang mungkin bukan hanya kepada saya, tapi kepada seluruh pelanggannya, untuk menginformasikan bahwa ia tidak berjualan hari ini. Dengan maksud (tebakan saya) agar para pelanggannya tidak menunggu nunggu dirinya untuk berbelanja dan gagal masak untuk keluarga gara-gara dirinya.
Alangkah mulia hatinya.
Padahal, pelanggannya banyak tersebar di komplek ini, entah berapa pulsa yang ia habiskan, pun kalaupun ia memakai sms yang gratisan, tetap saja hatinya sungguh mulia. Memikirkan orang lain, hal yang sangat jarang yang bisa kita (saya) temukan akhir akhir ini..
Nyinyirnya sih : “ah, mikirin idup sendiri aja susah, ngapain mikirin orang lain”
Atau
“Halah, repot2 buang2 pulsa, ora urus dah situ mau belanja apa kaga”

Tapi tukang sayur ini tidak. Ia mengirimkan sms pemberitahuan..
Mas Gun, demikian ia disapa, memang saya perhatikan agak agak “menakjubkan”. Beberapa kejadian membuat saya menyimpulkan demikian.
Beberapa akan saya ceritakan.

Ketika menjelang hari raya idul fitri, si mas ini membagi bagikan minyak goreng setengah liter dan gelas setengah lusin bagi pelanggan pelanggan setianya. Tentu saja tidak bisa sehari dia membagikan semuanya, karena motornya akan keberatan. Namun dicicil selama beberapa hari, dibagikan ke satu persatu ke ibu ibu yang sumringah betul menerimanya. Ya namanya ibu ibu, minyak goreng gitu loooooh….gratis gitu loooooh….wuih senengnya bukan main. Entah itu strategi marketing mas Gun atau benar2 ketulusan hatinya, saya tak habis pikir.

Kisah lainnya, mas Gun ini, kalau kita berbelanja misalnya 15500, atau 18500 atau yang belakang2nya ada angka 500, mesti memotong 500 tersebut diskon. Padahal ya, 500×10 pelanggan saja sudah 5000 rupiah… 5000 rupiah.. Mungkin bagi kita hanya sebotol minuman… Tapi bagi tukang sayur? Selain itu, kalau tidak memotong 500, ia akan memberikan secara cuma2 sebungkus royco atau masako.. Sama saja harganya 500 ya?

Ada lagi kisahnya. Suatu ketika ibu mertua saya beli bawang putih di mas Gun. Ternyata kualitasnya kurang bagus. Kemudian dengan bercanda ibu saya tersebut mengadukan hal itu kepada mas Gun. Bisa ditebak ya, besoknya mas Gun menitipkan kepada saya sebungkus bawang putih yang baru dengan gratis… Meleleh gak sih…

Ada banyak ketulusan hati mas Gun yang lain yang mungkin saya tidak tahu. Tapi cukuplah beberapa kejadian di atas membuat saya melabeli tukang sayur ini dengan “berhati mulia” dan penuh rasa syukur terhadap kehidupan. Dia tidak merasa dirinya sebagai tukang sayur hidup kekurangan, tapi malah serba berlebihan dengan membagi bagikan terus kebaikan. Subhanallah deh.

Kebersyukuran mas Gun sepatutnya dapat atau justru harus kita contoh. Mulai dari diri sendiri, dalam kehidupan sehari-hari, dalam apapun kita berperan.

Sebagai istri dan ibu rumah tangga, sudahkah kita bersyukur?
Uang bulanan terasa kurang? Gabisa beli beli tas, baju, sepatu sepuasnya.. suami jarang di rumah? Jadi gapunya me time, gabisa ke salon, gabisa nonton serial tivi kesukaan (gue banget ini mah), gabisa minum kopi dengan tenang (gue lagi doong)
BERSYUKURLAH…
Karena suami juga sibuk karena nyari nafkah kan, bukan apa apa juga (mmm…kalau apa apa? Ini mah beda judul, banyak doa ajah hahaha)
Tipe suami mah beda beda, ada yang doyan kerja, ada yang tipe keluarga banget, ada yang jago masak, ada yang jago nonton bola.. Hahaha…gausah deh menuntut suami ini itu cuma gara gara ngeliat status temen jalan2 ama keluarganya atau suaminya bikinin masakan buat keluarganya. Itu mah bisa bisanya kita melakukan pencitraan di fb.. Bukan maksud menyindir siapa siapa ya, maksudnya cuma atu, yaitu syukuri suami yang ada… Hehe… jangan ngayal punya suami yang penghasilan tinggi tapi waktunya banyak buat keluarga, hmm.. Ini mah curiga korupsi dooong?? Tapi kalau ada yang seperti itu ya alhamdulillaaaaah πŸ™‚
anak anak ribet? Santaiiii…. Bentar lagi juga mereka gede gede gak kerasa. Nanti tau2 udah emoh ditanya2 ini itu… Nikmatin aja keribetan bin keruwetan ini dengan kegembiraan dan kepasrahan dan kekuatan dan kesabaran yang tinggi dan tanpa batas. Banyak doa lagi deh.Hehe.

Sebagai ibu pekerja,
Gaji terasa kecil, pekerjaan banyak dikomplen klien? Jalanan macet tiap hari?
BERSYUKURLAH…
Karena banyak (pake banget) orang yang nyari kerja ga dapet dapet..

Sebagai suami,
Istri bawel, gabisa masak, gabisa dandan, makin hari makin ga menarik (ini mah suami perlu diajar hehe)
BERSYUKURLAH…
Karena banyak laki laki jomblo yang belum dapet pasangan hidupnya.. Istri yang ada sebisa mungkin dimanfaatkan, diajarkan dengan lemah lembut..karena istri adalah tulang rusuk yang bengkok…yang perlu diluruskan dengan lemah lembut… Istri kalo diem aja malah bingung loh, itu tanda tanda dia udah gapeduli saking marahnya ama suami..jadi mendingan bawel deh hahaha. Ingat deh, kalo istri itu bukan Khadijah, dan suami pun bukan Rasulullah kan? Jadi.. Kalau istrinya banyak kekurangan, bukan cari yang lain solusinya… Tapi cobalah perbaiki dengan kasih sayang…aaamiiin..
Loh kok jadi melenceng kesini arahnya? Hahaha
Demen ye ngomongin laki laki…

Masih banyak.. Banyaaaaak hikmah yang bisa kita ambil dari setiap kejadian yang ada di muka bumi…
Tinggal gimana kita menyikapi makna makna yang tersembunyi itu dan terus belajar menjadi manusia yang berhati mulia. Alangkah indahnya kalau dunia ini penuh dengan hal hal mulia kan? Dari seorang mas Gun saya bisa belajar, dan itulah tujuan kita hidup kan, belajar dan terus belajar menjadi lebih baik. Mulailah dari diri sendiri. Dari tempat kita berdiri sekarang (atau ada yang lagi duduk? Atau lagi tiduran kayak saya? :D). Yakin, gaada sesuatu yang sia sia. Semua ada perhitungannya, jadi jangan merasa rugi untuk berbuat baik πŸ™‚

Semoga tulisan ini dapat mencerahkan siapapun yang membacanya. Mohon maaf jika ada kata kata yang kelepasan dan menyinggung.

Salatiga, 25 November 2013

Mas Gun dan Smsnya

Mas Gun dan Smsnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s